Minggu, 17 Juni 2012

Factory Outlet dan Shopping Mall Di Kota Bandung


Bandung memang biangnya FO (factory outlet) dan juga distro. Kota inilah yang pertama kali memperkenalkan konsep factory outlet. Sebelum menjamur seperti saat ini, factory outlet hanyalah tempat di mana para pabrik-pabrik garmen di Bandung menjual pakaian-pakaian “cacat”-nya atau reject. Pabrik-pabrik tersebut menerima order dari merk-merk terkenal dari seluruh dunia seperti Esprit, Timberland, Guess, dan lainnya. Lalu barang-barang cacatnya mereka pindahkan ke factory outlet untuk dijual ke masyarakat. Ternyata konsep ini menarik banyak peminat sehingga saat ini banyak sekali factory outlet di Bandung dan mulai merambah ke kota-kota lain.
Berikut daftar factory outlet yang ada di Bandung lengkap dengan alamatnya.
Allen
Jl. LMU Nurtanio No. 79-83
Au’let
Jl. Ir.H Juanda No. 141
Azalia
Jl. Naripan No. 62 E
Azka Fashion
Jl. Kiaracondong No. 182
B n’ C Casual
Jl. Merdeka No. 25-27
B.O.S
Jl. Otten One No. 6
Ba-joe
Jl. Sultan Tirtayasa No. 15
Bandung Factory Outlet
Jl. Sumatera No. 24
Bandung Stocklot Center
Jl. Soekarno Hatta No. 397
Best Choice
Jl. Setiabudi No. 158
Blossom
Jl. Juanda
Blossom
Jl. Sriwijaya
Cargo
Jl. Diponegoro No. 30
Carvieno Collection
Jl. Kepatihan No. 11, King Shopping Centre Lt.1 BOX NKLI
Carvieno Collection
Jl. Soka No. 1
CAT 17
Jl. Prof. Eyckman No. 17
China Town
Jl. Sukajadi
Cisangkuy Factory Outlet
Jl. Cisangkuy No. 58
Dago Stock Ekspor
Jl. Ir.H Juanda No. 52
DNA
Jl. Brabtas No. 27
Eiffel Fasion
Jl. Malabar No. 59
Emporio
Jl. Ir. Sutami No. 109
Expose
Jl. Cipaganti No. 60
FOS
Jl. Setiabudi No. 56
Fosh Fashion
Jl. Soekarno Hatta No. 235
Funky Outlet Store
Jl. Dr. Otten No. 12
Grha Mode
Jl, Sukajadi 186
Gscuz
Jl. Gatot subroto No. 131
Heritage
Jl R.E Martadinata No. 63
Joy Fashion
Jl. Kebon Jati No. 208
Knock Clothing
Jl. Banda No. 3s
Kosmo
Jl. BKR 113 Lingkar Selatan
Labana Collection
Jl. Buah Batu No. 270
M&M
Jl. Ir. H Juanda No. 81-83
M.O.S
Jl. Eyckman No. 12B

Metropolis
Jl. Riau No. 55
Misyelle
Jl. Sukajadi No. 158
MMM
Jl. Karawitan No. 44
Mooi
Jl. Cemara No. 83
Naripan Stok Ekspor
Jl. Naripan No. 110
Nen’z Fashion
Jl. Sunda No. 55
No Label shop
Jl. Bengawan No. 53
No Label shop
Jl. Otten No. 1
Otten One
Jl. Dr. Otten No. 1
Pipperoo
Jl. Pajajaran No. 62
Pipperoo
Jl. Otten No. 1
Pipperoo
Jl. Cihampelas, Premier Plaza
Putri Dago
Jl. Ir.H.Juanda No. 18
Quota
Jl. Sulanjana No. 14
Raflesia
Jl. Djuanda
Rainbow
Jl. Sukajadi No. 168-170
Ralbi & Renaldi
Jl. Kebon Kaung No. 54
Renarrity
Jl. R.E Martadinata No. 26
Riau Stock Mall
Jl. LLRE Martadinata No. 160
Rich and Famous
Jl. Ir. H Juanda No. 14
Rumah Mode
Jl. Setiabudi No. 14 F
Shafira House
Jl. LL. RE. Martadinata No. 25
SOO
Jl. Sukajadi No. 198 B
Stock Centre
Jl. Soekarno Hatta No. 24
Stock Corner
Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 60
Stocktown Griya Toserba
Jl. Buah Batu No/ 178
Stop N Shop
Jl. Ir. H Juanda No.152
Terminal Mode
Jl. Lombok No. 45
The Big Price Cut
Jl. Aceh No. 66 – Graha Mandala Siliwangi
The Sumit
Jl R.E Martadinata No. 61
Totally 4 U
Jl. Sukajadi No. 228 A
Unique
Jl. Otten No. 11
Up Town
Jl. Ir. H Juanda No. 84
Versaci
Jl. Setiabudhi
Viersa
Jl. Soka No. 3
VIP
Jl. Ir. H. Juanda No. 24
X Pose
Jl. Cipaganti No. 60 A
XO 2000
Jl. Sukajadi No. 212
Alamat Shopping Mall Di Kota Bandung.

Bandung bukan hanya memiliki banyak factory Outlet, tetapi juga banyak terdapat pusat-pusat perbelanjaan / Mall walaupun tidak semewah  pusat-pusat perbelanjaan di kota jakarta. Awal perkembangan mall di Bandung sepertinya berasal dari alun-alun kota Bandung. Di sini banyak terdapat mall-mall tapi sudah berumur cukup tua dan sudah terlihat kuno. Beberapa mall yang bisa anda kunjungi di kota Bandung antara lain :


  1. Bandung Electronic Center
    Bandung Electronic Centre (BEC) beralamat di jalan purnawarman no 13-15 adalah pusat perdagangan barang-barang elektronik di Kota Bandung terutama handphone dan komputer.
  2. Bandung Indah Plaza
    Bandung Indah Plaza (BIP) yang teretak si jalan merdeka no 56 adalah pusat perbelanjaan tertua di Bandung. Didirikan pada awal tahun 80-an.
  3. Bandung Super Mall
    Bandung Super Mall (BSM) yang terletak di jalan gatot subroto no289 adalah pusat perbelanjaan yang masuk masih muda di Bandung. Mall ini dikenal dengan mall mall terluas di Asia Tenggara.
  4. Braga City Walk
    Braga City Walk (BCW) yang terletak di jalan braga no 99-101 adalah satu–satunya shooping mall di Bandung yang menggabungkan antara shopping center, condominium, dan Aston hotel.
  5. Cihampelas Walk
    Cihampelas walk (Ciwalk) terletak di jalan cihampelas no 160 adalah Mall yang memiliki konsep street walk. Ciwalk merupakan tempat yang asik untuk hang-out, makan, nonton atau hanya sekedar jalan-jalan. Sering dijadikan tempat untuk event-event besar karena Ciwalk mempunyai outdoor arena yang luas dan dapat menampung banyak orang.di Ciwalk juga terdapat bioskop, diskotik, pub, karaoke, café, resto, toko buku, branded shop, gift shop dan shopping centernya.
  6. Istana Plaza
    Istana Plaza terletak di jalan pasir kaliki no 121-123 .Mall ini selalu ramai pengunjungnya, meski area parkirnya yang terlihat penuh saat weekend atau libur, tetapi orang-orang selalu saja mampir dan memenuhi mall ini. Fasilitas cukup lengkap mulai dari Makan, shopping barang branded, ice skating, kebutuhan rumah tangga dan hardware sampai arena bermain anak-anak ada disini
  7. Paris van Java
    Paris van java (PVJ) terletak di jalan sukajadi no 137-139 . Didukung dengan konsep street-walk menjadikan shopping mall yang satu ini membuat anda segar dan tidak bosan jalan-jalan di mall ini. PVJ termasuk shopping Mall yang popular di Bandung saat ini.
  8. Bandung Trade Centre
    Bandung Trade Centre (BTC) terletak di jalan Jl. Dr. Djunjunan (Pasteur) adalah Mall yg tepat utk anda berbelanja sepatu, tas, pakaian, sampai kosmetik dan segala macam alat perawatan tubuh. Mall ini dilengkapi pula dengan food court dan arena bermain untuk anak
  9. Plaza Dago
    Plaza Dago terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 61 – 63 memiliki Konsep “Entertainment Building” adalah tempat yang paling cocok untuk hang out anak muda, shopping mall yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang menginginkan entertainment.
  10. Planet Dago
    Planet Dago terletak di Jl. Ir. H. Djuanda Perempatan Dago – Merdeka adalah Mall yg terletak tepat di perempatan Dago – Merdeka ini menyediakan bowling, distro, bilyar dan fasilitas lainnya. Mall ini juga cocok untuk hang-out.
  11. Riau Junction
    Riau Junction terletak di Jl. LLRE Martadinata No. 17 – 21 memiliki fasilitas Free Hotspot ,mall ini menyajikan shopping centre, hiburan, dan food court yg nyaman.
  12. Pascal Hyper Square
    Pascal Hyper Square terletak di Jl. Pasirkaliki mall yang memiliki konsep City Walk yg satu ini bertempat parkir luas dan dikelilingi oleh ruko-ruko yang menjual berbagai macam barang. Foodcourt-nya sangat keren, FO-nya selalu up to date, Spa & Sauna-nya juga nyaman. Dan juga tersedia “nightlife entertaintment”
  13. BE-Mall
    BE- Mall terletak di Jl. Naripan merupakan Pusat belanja elektronik mulai dari HP, Komputer hingga peralatan elektronik rumah tangga tersedia disini, display menarik dan harganya pun bersaing.
  14. Festival CityLink
    Festival CityLink merupakan salah satu Mall besar di Bandung yang cukup aktif dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan, dan memiliki Ballroom terbesar di Bandung.


Beberapa Sifat Bandung Shopping Mall
  1. Shopping Mall di Bandung Tematik
    Seperti halnya tempat shopping di Bandung lainnya, beberapa mall di Bandung ini bersifat tematik, artiknya berdasarkan tema dari mall itu sendiri. Mall menjual berbagai keperluan yang sesuai dengan temanya. Seperti Bandung Electronic Center dan Bee Mall yang mengkhususkan penjualan peralatan-peralatan elektronika yang berbagai tipe, tiap lantai dari mall ini memiliki ciri khusus lagi, perdagangan handphone dikhususkan pada lantai tertentu, begitu juga dengan komputer, serta alat elektronika lainnya. Tentu saja mall tersebut dilengkap dengan fasilitas umum untuk pendukungnya seperti foodcourt, dan lain-lainnya. Contoh lain ada Pasar Baru, Bandung Trade Center yang mengkhususkan penjualan pakaian untuk grosir serta eceran.
  2. Shopping Mall di Bandung berkonsep taman
    Sebagai kota taman, beberapa mall di Bandung pun dibentuk dengan konsep taman, disamping untuk berbelanja, nuansa yang diberikan pun dalam bentuk taman-taman yang tertata rapih. Contohnya adalah Cihampelas Citiwalk, Paris van Java Mall.
  3. Mall dengan Hotel
    Seperti halnya beberapa mall di kota lain, mall di Bandung pun dipadu dengan fasilitas hotel yang terintegrasi dengan hotel di dalam komplek tersebut. Sebut saja contohnya Bandung Indah Plasa dengan hotel Hyatt Bandung, Braga City Walk dengan Hotel Aston Braga, Cihampelas Walk dengan Hotel Sensa, dan Riau Junction Mall dengan Anggrek Hotel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar